Pembukaan Acara dan Pameran Rakerkesnas Regional Barat Tahun 2015

Posted by bang ghaniy on 17.39 with No comments
Batam mendapat kehormatan untuk menggelar acara Rakerkesnas  regional barat yang berlangsung dari mulai tanggal 4 – 7 Maret 2015 di Balai Pelatihan Kesehatan Kota Batam. Rangkaian acara rakerkesnas dan pameran  ini di buka secara resmi oleh Menteri Kesehatan RI.  Peserta rakerkesnas terdiri dari Kepala Dinas Kesehatan dan Direktur Rumah Sakit dari 14 provinsi di Regional Barat, yaitu Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Riau, Kepulauan Riau, Kepulauan Bangka Belitung, Bengkulu, Jambi, dan Lampung. Selain itu dihadirkan pula Direktur RS Vertikal, Kepala UPT Vertikal yang berada di Regional Barat. Total peserta Rakerkesnas Regional Barat berjumlah 859 orang.
Tujuan dari penyelenggaraan Rakerkesnas tahun ini adalah karena pada saat ini Kementerian Kesehatan berada pada tahun pertama pelaksanaan Renstra Kemenkes 2015-2019 dan RPJMN 2015-2019, oleh karena itu perlu dikomunikasikan dan disosialisasikan kepada daerah sehingga diperoleh kesamaan persepsi untuk terselenggaranya pembangunan kesehatan secara berkesinambungan.
Dalam kesempatan ini Menkes memperkenalkan program Indonesia Sehat, yaitu sebuah Program untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang berperilaku sehat, hidup dalam lingkungan sehat, serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu untuk mencapai derajat kesehatan yang setinggi-tingginya. Pemantapan program Indonesia Sehat, terang Menkes lebih lanjut, akan dilaksanakan dari pinggir ke tengah dengan 3 komponen, yaitu mewujudkan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan, dan Jaminan Kesehatan Nasional.
Dalam kesempatan ini Ibu Menkes juga membuka secara resmi pameran Rakerkesnas Regional Barat pada Rabu (4/3) pukul 17.10 waktu setempat. Didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kesehatan RI serta Staf Ahli, Menkes mengunjungi satu persatu stand yang ikut berpartisipasi dalam event ini, dimulai dari Dinas Kesehatan yang tergabung di Regional Barat hingga Unit Utama di Kementerian Kesehatan.
 

 











Ketika tiba di stand Badan Litbangkes yang diisi oleh satuan kerja Balai Besar Litbang Vektor dan Reservoir Penyakit (B2P2VRP) Salatiga dan Balai Besar Tanaman Obat dan Obat Tradisional (B2P2TOOT) Tawangmangu, Menkes berkomentar positif tentang stand yang dihias dengan vektor tiruan berupa tikus dan kelelawar serta enumerator yang memakai seragam pengumpulan data yang kemudian disambut Kepala B2P2VRP, Dra. Vivi Lisdawati, Apt, M.Si dengan penjelasan singkat mengenai Riset Khusus Vektora yang dilaksanakan pada tahun ini.


Categories: