Menkes Buka Rakerkesnas Regional Timur

Posted by bang ghaniy on 17.47 with No comments

Makassar (9/3) - Menteri Kesehatan RI Prof. Dr. dr. Nila moeloek, Sp.M (K) secara resmi membuka Pameran Rakerkesnas Regional Timur di Ballroom Hotel Clarion Makasar. Dengan di dampingi Sekretaris Jenderal, dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes beserta beberapa pejabat struktural di lingkungan Kementerian Kesehatan RI, pembukaan pameran ditandai dengan pemotongan rangkaian bunga di depan pintu masuk area pameran.
Paparan dan point penting yang di ulas dalam paparan dan diskusi di rakernas ini diantaranya adalah dari Manteri Kesehatan Prof.Dr.dr. Nila F. Moeloek, Sp.M (K) bahwa mengungkapkan kartu Indonesia Sehat tidak berbeda dengan kartu-kartu yang telah digunakan didalam jaminan kesehatan nasional seperti kartu JKN, kartu Askes, ataupun kartu Jamkesda. “Agar tidak membingungkan, seluruh kartu yang telah digunakan sebelumnya akan digantikan dengan kartu Indonesia Sehat”, ungkap Menkes. Jamkesda juga diharapkan akan masuk kedalam BPJS.
Menurut Menkes, manfaat kartu Indonesia Sehat mencakup pelayanan kesehatan secara holistic mulai dari preventif, promotif, dan tidak hanya kuratif. Termasuk pelayanan imunisasi, konseling, ataupun pelayanan keluarga berencana.
Dalam kesempatan tersebut, Menkes berharap dinas kesehatan dapat menjamin ketersediaan obat dan pembekalan kesehatan yang semakin efisien dengan menggunakan e-catalog.
“Mengenai pembangunan pasca 2015, pembangunan berkelanjutan akan menjadi inti dari pembangunan baru kita”, kata Menkes. Termasuk mengatasi permasalahan sumber daya manusia di bidang kesehatan. Antara lain mendistribusikan tenaga kesehatan menjadi merata.
Dalam acara dialog interaktif tersebut, Menteri Kesehatan didampingi jajaran eselon 1 di lingkungan Kementerian Kesehatan, Direktur Utama BPJS, perwakilan dari BKKBN dan Badan POM
 
  

Rakerkesnas Regional Timur merupakan rapat kerja kesehatan nasional putaran terakhir, setelah sebelumnya dilaksanakan di Bali dan Batam. Makassar merupakan kota putaran terakhir rakerkesnas yang akan berlangsung 9 – 12 Maret 2015. Dan seperti rakerkesnas sebelumnya B2P2VRP melakukan launching rikhus vektora di rekerkesnas regional timur ini, selain itu juga ikut serta dalam pameran yang difasilitasi Badan Litbangkes.
Categories: