Pendahuluan

Posted by bang ghaniy on 23.44 with No comments
Riset Khusus Vektor dan Reservoir Penykait (Rikhus Vektora) merupakan salah satu riset nasional Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan dengan tanggung jawab pelaksana Unit Pelaksana Teknis (UPT) Badan Litbangkes, Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Vektor dan Reservoir Penykait (B2P2VRP) Salatiga.
Riset ini dilakukan karena ancaman risiko penyakit tular vektor dan reservoir secara global dan nasional sangat tinggi. Data bio-diversitas fauna Indonesia yang kompleks akibat kondisi bio-geografis (pertemuan daerah Oriental dan Australia) belum terbaharukan dengan baik. Data penelitian vektor dan reservoir penyakit belum terwakili secara nasional, dan Data model pengendalian secara lokal dan spesifik belum lengkap.
Rikhus Vektora merupakan salah satu upaya meningkatkan sistem pengendalian penyakit tular vektor dan reservoir untuk mencapai visi dan misi Kementerian Kesehatan: meningkatkan derajat kesehatan masyarakat demi mencapai masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan. Pelaksanaan dilakukan berkesinambungan selama 3 tahun di sejumlah kabupaten/kota Indonesia (Tahun 2015-2017).


Categories: